Jumat, 08 Mei 2015

Tutorial 2 : Cara Membuat Kontrol Animasi Tombol Play



   Tombol Play digunakan untuk memberikan sentuhan pada animasi yang kita buat agar lebih interaktif dan menarik, yang akan terjadi adalah sebuah komunikasi antara animasi dengan pengguna. Dalam  hal ini Animasi tidak akan berjalan sebelum pengguna menekan tombol PLAY.

    Ada 3 komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan kontrol tombol play pada animasi yaitu Movie Clip, Button dan Action Script. Agar komponen Button (tombol) dapat berkomunikasi dengan Movie Clip (animasi) maka sebuahMovie Clip diberi sebuah Instance Name yang digunakan sebagai nama panggilan.
atau nickname dalam sebuah AS(Action Script) yang mengatur kontrol animasi tersebut. Software yang saya gunakan adalah Macromedia Flash 8, anda dapat menggunakan Adobe Flash.
Berikut langkah-langkah membuat kontrol animasi tombol play:

1.  Buat sebuah Movie Clip yang didalamnya terdapat objek yang terdapat animasi dari beberapa frame. Contoh: saya akan membuat sebuah Movie Clip yang bernama Bola Pantul yang didalamnya terdapat sebuah animasi bola pantul.




2. Berilah animasi Pada Movie Clip tersebut 2 buah action frame (action script yang diletakkan pada frame. Action script yang pertama diletakkan pada frame paling awal dan action script yang kedua diletakkan pada frame paling akhir atau belakang.

Caranya: Tambahkan sebuah layer baru dalam aniamsi Movie Clip yang akan dijadikan sebagai layer action script. Buka panel Action dengan menekan tombol F9 atau klik menu Window > Actions. Masukan sebuah keyframe pada frame pertama pada layer action script, dan tulis action script stop(); pada panel Action – Frame. Masukkan sebuah keyframe pada frame paling belakang pada layer action script dan tulis action script gotoAndPlay(2); pada panel Action – Frame:




Kita telah selesai membuat sebuah Movie Clip dnegan action scrip untuk mengatur jalannya animasi. Ketika anda menekan tombol CTRL+ENTER maka animasi tidak akan berjalan karena pada frame pertama Movie Clip tadi telah diberi perintah stop (berhenti).


3. Beri sebuah Instance Name (NickNamenya) pada Movie Clip yang telah dibuat. Klik Scene 1, seleksi Movie Clip yang ada di kanvas / area kerja kemudian buka panel Properties (CTRL + F3) ketikkan sebuah nama instance name pada kotak Instance Name, misalnya "bola" (tanpa tanda kutip). Perhatikan gambar berikut :




4. Buat sebuah objek dari komponen button yang akan dijadikan sebagai tombol PLAY (Insert > New Symbol… > Pilih Button > Beri nama tombol play).


Setelah selesai, kita beri objek tombol tersebut sebuah action script atau syntax yang mengatur Movie Clip yang telah dibuat sebelumnya. Klik pada objek tombol > buka panel Action (F9), kemudian ketikkan action script berikut pada pada panel Action – Button yang muncul.

on (release) {
   bola.gotoAndPlay(2);
}


Selesai. Tekan tombol CTRL+ENTER untuk melihat hasilnya, dan coba anda klik tombol play. Jika langkah-langkah diatas telah di ikuti dengan benar serta langkah - langkah yang anda lakukan benar, maka animasi akan berjalan berulang-ulang.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar